Karo SDM PMJ Kombes Pol Langgeng Purnomo SIK MH Hadiri Diskusi "Proses Simposium Demokrasi Pancasila” -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Karo SDM PMJ Kombes Pol Langgeng Purnomo SIK MH Hadiri Diskusi "Proses Simposium Demokrasi Pancasila”

Jumat, 23 Juni 2023

Merdekaanews.Com, Jakarta -  Kepala Biro Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langgeng Purnomo, SIK, MH, menjadi narasumber di gedung Juang 45 Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 21/6/2023.


Sejumlah mahasiswa dari berbagai organisasi ada 13 antara lain: HMI, GMNI, PMKRI, GMKI, PMII, SEMMI, IMM dan lain-lain mengelar diskusi.


Pancasila merupakan sebuah ideologi, tidak semua negara sudah memiliki ideologi yang membaku seperti sekarang ini yang mengakomodir semua kepentingan termasuk agama, suku dan lainnya.


Pancasila inilah yang menjadi rujukan bersama untuk menilai bagaimana pelaksanaan tata Pemerintahan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langgeng, mengatakan rakyat Indonesia 


sejatinya tidak dapat dipisahkan dari Pancasila, “Mengingat Pancasila sebagai falsafah hidup, merupakan pondasi utama yang membentuk kepribadian bangsa, sekaligus pedoman untuk mewujudkan tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana termaktub dalam mukadimah Undang-Undang Dasar 1945,” ujarnya.

"Pesatnya globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini berkontribusi dalam memudarkan nilai-nilai Pancasila di dalam diri anak bangsa.


Sehingga akibatnya, sambungnya, nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi keberagaman dan persatuan bangsa tidak lagi menjadi fondasi utama anak-anak dan masyarakat dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.


Tantangan yang dihadapi saat ini. Tantangan pertama adalah banyaknya ideologi alternatif melalui media informasi yang mudah dijangkau oleh seluruh anak bangsa seperti radikalisme, ekstremisme, konsumerisme. 

 

Hal tersebut juga membuat masyarakat mengalami penurunan intensitas pembelajaran Pancasila dan juga kurangnya efektivitas serta daya tarik pembelajaran Pancasila.

(VCKY)