PANGDAM JAYA LUNCURKAN BUKU DI BALIK TUGAS JAGA KAWAL JOKOWI -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

PANGDAM JAYA LUNCURKAN BUKU DI BALIK TUGAS JAGA KAWAL JOKOWI

Kamis, 27 Juli 2023

 MERDEKAANEWS Pangdam Jaya Luncurkan Buku Di Balik Tugas Jaga Kawal Jokowi 

Jakarta - Sebuah buku historiografi kehidupan berjudul ‘Menjaga Jokowi Menjaga Nusantara’ diluncurkan Mayjen Mohamad Hasan.

Launching tulisan-tulisan Mayor Jenderal (Mayjen ) TNI Mohamad Hasan yang terkemas dalam satu buku tersebut digelar di Grand Ballroom Krakatau, Hotel Oakwood, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu malam (26/07/2023).

Sebagai perwira yang pernah bertugas menjadi Komandan Grup A Paspampres, Mohamad Hasan memiliki talenta dan ketekunan mengumpulkan kisah-kisah mengharukan dan menginspirasi seputar pengawalan dan penjagaan presiden. Saat buku diluncurkan, beliau menduduki jabatan sebagai Pangdam Jaya.

Tatkala menjadi presiden, hingga saat ini, Jokowi dikelilingi Grup A Paspampres. Grup ini bertugas menjaga Jokowi saat di istana maupun saat bepergian ke sejumlah tempat, tanpa ada jeda dalam masa jabatannya.

Pengawalan dan penjagaan yang amat ketat diberlakukan kepada Jokowi, Presiden RI dari 2014.

Terdapat banyak kisah dalam relung tugas penjagaan dan pengawalan sang presiden. Cerita-cerita di belakang layar tersebut, tidak keseluruhan khalayak ramai mengetahuinya.

Tetapi, Mayjen TNI Mohamad Hasan yang pernah menduduki posisi Komandan Grup A Paspampres terbuka dan menginspirasi dengan membagi cerita-cerita di balik penjagaan dan pengawalan Jokowi.

Mohamad Hasan yang saat ini menjabat tugas menjadi Pangdam Jaya menceritakan pengalamannya saat mengemban tugas sebagai Jaguar (Komandan Grup A Paspampres). Cerita-cerita itu tersemat dalam buku yang bertajuk “Menjaga Jokowi, Menjaga Nusantara".

Penerbit Buku Kompas memang meluncurkan buku “Menjaga Jokowi, Menjaga Nusantara” sekaligus membedahnya dalam momentum serta suasana yang tepat. 

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, mantan Komandan Paspampres Mayjen (Mar) Suhartono, Diplomat dan Dewan Pakar BPIP, Dr. Darmansyah Djumala, Deputi Bidang Protokol, Pers, Media, dan Informasi (BPMI) istana Bey Machmudin, dan juga Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra.

Buku bertuliskan kisah-kisah Jaguar mengawal Presiden Jokowi, serta berisi kisah-kisah yang amat menarik. Ditulis oleh mantan Komandan Grup A Paspampres, ternyata cerita-cerita menginspirasi, di balik tugas pengawalan RI 1 itu, senantiasa membawa decak kagum bagi publik yang membacanya.

Mengemban tanggung jawab menjaga pejabat terpenting di Indonesia - Presiden RI; tentu Paspampres senantiasa melaksnakan jaga kawal 24 jam sehari dengan ekstra ketat.

Semua anggota Paspampres juga merangkap sebagai perisai hidup untuk Presiden RI beserta keluarga.

Masing-masing Presiden, mempunyai style tersendiri di saat melaksanakan kegiatan, di tengah penjagaan rigid dari tim Paspampres.

Demikian halnya dengan Joko Widodo. Di mana beliau disebut menggemari kegiatan blusukan hingga menyaksikan konser musik saat menjabat dulunya di posisi kepala daerah.

Jokowi sebagai Presiden ngga akan sama seperti Jokowi di saat menjabat di posisi gubernur atau walikota.

Mengacu pada protap jaga kawal seorang Presiden, Joko Widodo dikelilingi Grup A Paspampres yang selalu menjaganya selama 24 jam.

Penjagaan dan pengawalan sangat ketat diterapkan di diri Jokowi yang menjabat Presiden RI semenjak 2014.

Ada banyak cerita tentang pengawalan dan penjagaan Presiden Jokowi. Kisah-kisah tersebut tidak semuanya diketahui publik.


Yang jelas di sinilah keseruannya, tatkala Mayjen TNI Mohamad Hasan, sang Komandan Grup A Paspampres terdorong untuk menshare cerita-cerita menginspirasi, di balik menjaga dan mengawal seorang Jokowi.


(AGS)