PEMBINA BATIK MERUNDA BERDAYAKAN DUKUNG BATIK NUSANTARA -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

PEMBINA BATIK MERUNDA BERDAYAKAN DUKUNG BATIK NUSANTARA

Kamis, 03 Agustus 2023

 MERDEKAANEWS*Irma G. Sinurat, Pembina Batik Marunda Berdayakan Turut Berpartisipasi & Dukung Batik Nusantara 2023*

Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023 - Pameran Batik Nusantara 2023 kembali digelar Yayasan Batik Indonesia diikuti oleh para perajin batik UMKM yang secara resmi dibuka oleh RI Joko Widodo (Jokowi) bertempat di Senayan Park Mal, Jakarta Selatan, Rabu (02/08/2023) pagi.

 Dalam sambutannya Presiden mengatakan bahwa batik memiliki keistimewaan tidak hanya dari segi keindahan tetapi karena makna filosofinya.

Acara rutin setiap dua tahun sekali ini digagas oleh Yayasan Batik Indonesia.

Gelar Batik Nusantara 2023 diikuti oleh sekitar 250 UMKM perajin batik yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan hasil karya perajin batik Indonesia Pameran akan berlangsung hingga Minggu (6/8/2023) bertema "Batik Bangkit".

Ditemui awak media sebagai salah satu peserta UMKM Batik di Senayan Park, Irma Gamal Sinurat sebagai Pembina Batik Marunda mengatakan,

"Ini adalah hasil karya Ibu-ibu, pemberdayaan ibu-ibu sederhana Jakarta di rumah susun sewa sederhana di Jakarta dan ketika direlokasi dari pemukiman padat di Jakarta direlokasi ke Marunda


mereka enggak bisa kerja dan mereka belum punya pekerjaan jadi yang tadinya mereka biasanya bekerja sebagai buruh cuci, pegawai dan buruh-buruh yang lainnya & dan yang dari pedagang mie di kawasan Waduk Pluit nah ketika direlokasi mereka ngga punya pekerjaan dan ketika di Marunda, Bu Iriana mengajarkan kita keterampilan batik dan inilah hasil bagaimana caranya berkarya selama 8 tahun sampai 9 tahun," kata Pembina Batik Marunda.

Lebih lanjut, Irma G. Sinurat menambahkan,

"Untuk pemesanan Batik Marunda, kita ada di alun-alun Indonesia dan bisa dipesan secara online di beberapa aplikasi seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya dengan harga bervariasi antara Rp900.000 hingga Rp1.500.000 untuk kainnya dan baju - baju batiknya dengan harga bervariasi juga," lanjutnya.

Adapun Proses pengerjaan Batik Marunda pun tersebar di tiga rusun yaitu Rusun Marunda, Rusun Rawa Bebek dan di Pesakih. Batik Marunda ini menghadirkan motif yang khas dengan tahapan satu rusun mencanting, pencelupan di Marunda, dan tahap finishing dilakukan di Pesakih.

Irma menjelaskan keunggulan dan kelebihan Batik Merunda sebagai Batik Tulis yang proses pengerjaan membatiknya langsung dikerjalan oleh Ibu- ibu di Marunda Jakarta,

"Ini adalah batik tulis dibuat oleh ibu-ibu di Rusun Jakarta, jadi ini adalah hasil karya orang Jakarta bukan dari pengepul dan 

bukan dibuat di tempat lain," jelasnya.

Puncaknya, Irma G. Sinurat sebagai Pembina Batik Marunda mengatakan,

"Harapannya orang Jakarta harus pakai baju Jakarta dong," pungkasnya.

Adapun acara Batik Nusantara 2023 dibuka oleh Presiden Joko Widodo mengatakan,

“Batik sangat istimewa, tidak saja karena keindahan, tetapi juga karena makna-makna filosofinya. Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita,” ujarnya Presiden.

Selain itu, industri batik juga telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Melalui batik telah tercipta lapangan kerja yang sangat banyak, jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan serta kehidupan bagi jutaan rakyat kita yang bekerja di sektor ini,” ujarnya.

Presiden meyakini, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk batik kembali bangkit, seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang juga tumbuh baik pascapandemi COVID-19..

“Kita harapkan tahun depan juga akan semakin baik pertumbuhan ekonomi kita. Dan juga, berbagai event nasional dan internasional juga banyak, mulai banyak sekali diselenggarakan seperti juga pada hari ini, yaitu Gelar Batik Nusantara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melestarikan batik sebagai budaya asli Nusantara.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para perajin batik, kepada desainer batik, kepada pengusaha batik, kepada para pecinta batik, kepada para pemakai batik yang selama ini terus dan telah berkreasi menciptakan dan memproduksi, dan menggunakan batik sebagai karya adiluhung bangsa kita Indonesia.” ucapnya.

Turut hadir dalam peresmian, antara lain, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, turut hadir para istri menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju.