Sulawesi Tengah dan Pembangunan Peradaban -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Sulawesi Tengah dan Pembangunan Peradaban

Senin, 21 November 2022

 Merdekaanews.Com, Sulawesi Tengah - Indonesia saat ini sedang giat-giatnya melakukan pembangunan disegala bidang dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan rakyat secara adil dan makmur.Untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan  makmur yang merata material dan sprituil, berdasarkan Pancasila, di dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia yang mardeka, berdaulat, bersatu, berkedaulatan rakyat, dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tertib dan dinamis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang mardeka, bersahabat, tertib dan aman.

 

Pembangunan nasional pada hakekatnya membangun manusia Indonesia se-utuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya berarti peningkatan kualitas manusia Indonesia baik fisik maupun nonfisik, diharapkan mampu menjadi subjek dalam rangka pembangunan disektor lainnya.


Sulawesi Tengah merupakan salahsatu daerah yang nantinya akan menjadi salahsatu provinsi penyangga Ibu Kota Negara dan memang dilihat dari sisi letak geografis sangat dekat dengan lokasi tempat pembangunan Ibu Kota Negara. Banyak sektor yang perlu dikembangkan di Sulawesi Tengah meski tahun 2018 lalu baru terkena bencana yang sangat dasyat tapi dengan semangat untuk bangkit Sulteng bisa pelan-pelan pulih.


Seperti yang disampaikan Bapak Gubernur Sulawesi Tengah (H. Rusdi Mastura) dalam pertemuan singkat disalahsatu warung kopi K2 di Palu , beliau mengatakan bahwa "Jika di Sulawesi Selatan dikenal dengan Daerah Para Raja-raja maka di Sulawesi Tengah adalah Daerah Misterius". Sayapun bertanya-tanya mengapa demikian dikatakan Misterius? Mungkin karena di Sulawesi Tengah dikenal Desa Uwentira (Negeri Para Jin) atau karena kekayaan alam yang ada di Sulawesi Tengah yang sangat melimpah dan banyak yang masih tersembunyi.


Seorang tokoh ini yang biasa disapa Kak Cudi mengatakan juga dalam diskusi kami bahwa peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia di Sulawesi Tengah sangat perlu untuk merespon Peradaban Maju.


Tentu berbicara kekayaan alam maka akan merangsang para investor untuk berinvestasi di Sulawesi Tengah terbukti dari data realisasi Investasi Penerimaan Modal Asing membuat provinsi Sulawesi Tengah menoreh posisi pertama sebagai Realisasi Investasi PMA per maret 2022.


Berangkat dari itulah Isu pembangunan perdaban menarik untuk kita bahas dalam sebuah diskusi-diskusi di warung kopi dan ruang-ruang publik lainnya karena menjadi menarik ketika semua pembangunan dan pengelolaan yang ada di dalam negeri dikelola oleh Warga Negara Indonesia sebagai mana amanat undang-undang dasar 1945 pasal 33 ayat 3 menegaskan bahwa bumi air alam kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Mengingat mineral dan batubara sebagai kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi merupakan sumber daya alam yang tak terbarukan, pengelolaannya perlu dilakukan seoptimal mungkin, efisien, transparan, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta berkeadilan agar memperoleh manfaat sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat secara  berkelanjutan.

Sampai berjumpa kembali.

Palu, 20 November 2022

Ahmad Rifai

Pemuda Poso

Mahasiswa Pascasarjana IPB