Di Tengah Kondisi Pasar yang Mengalami Perlambatan Pertumbuhan dan Konsolidasi, SAPX Express Masih Mampu Membukukan Keuntungan -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Di Tengah Kondisi Pasar yang Mengalami Perlambatan Pertumbuhan dan Konsolidasi, SAPX Express Masih Mampu Membukukan Keuntungan

Selasa, 20 Juni 2023

Merdekaanews.Com, Jakarta - PT Satria Antaran Prima TBK (Perseroan) atau lebih dikenal sebagai SAPX Express merupakan perusahaan kurir atau jasa pengiriman dengan kode saham SAPX.


Pada tahun 2022 pasar jasa pengiriman/kurir mengalami konsolidasi di tengah membaiknya situasi pasca pandemik Covid 19. Pasar yang mengalami lonjakan penjualan selama pandemik karena banyaknya masyarakat yang membeli barang secara online perlahan mengalami over capacity dikarenakan masyarakat mulai kembali berbelanja offline ditambah dengan melemahnya daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan sektor e-Commerce sebagai salah satu penyumbang terbesar volume kiriman perusahaan kurir mengalami perlambatan pertumbuhan sehingga memberikan dampak terhadap pendapatan dan profitability perusahaan kurir di Indonesia.  


Di tengah kondisi di atas, pada tahun buku 2022 yang berakhir pada 31 Desember 2022 Perseroan masih mampu mencatat pertumbuhan penjualan dengan membukukan pendapatan sebesar Rp591.902.803.145 (Lima Ratus Sembilan Puluh Satu Miliar Sembilan Ratus Dua Juta Delapan Ratus Tiga Ribu Seratus Empat Puluh Lima Rupiah).


Hal ini disebabkan karena persebaran portofolio perseroan yang terdiversifikasi ke beberapa segmen seperti B to B, B to C hingga C to C, membuat perseroan lebih memiliki resiliensi terhadap dampak penurunan pertumbuhan di industri e-Commerce. Sebagai informasi pendapatan terbesar Perseroan didapatkan dari sektor Corporate atau B tO B, segmen ini memiliki ketahanan yang lebih dilihat dari sisi kesinambungan usahanya.


Perseroan memiliki hampir seluruh portfolio klien seperti perbankan dan asuransi, Manufacture, Health and Medical Equiupment, Heavy Equipment, telekomunikasi dan korporasi lain pada umumnya. Perseroan menawarkan jasa pengiriman dalam dan luar kota, kargo, jasa distribusi, Mailing Room, Fulfilment, pengiriman melalui transportasi darat laut dan udara, Cash oN Delivery , dan Dedicated Courir. Layanan Cash oN Delivery dan Dedicated Courir menjadi salah satu kekuatan utama Perseroan dalam peta persaingan antar sesama perusahaan jasa pengiriman lain. 


Pada tahun 2023 perseroan memiliki optimisme tinggi terhada prospek usahanya. Secara garis besar untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan, selain tetap fokus pada core usaha di bidang B tO B juga mengembangkan lini usaha B tO C dan C tO C seiring dengan tumbuh pesatnya usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) .


Perseroan juga mengoptimalkan program kemitraan dengan para mitra bisnisnya sebagai langkah memperluas jangkauan pasar perseroan. Ini sangat penting karena cukup menjanjikan dan efektif dikarenakan perseroan dapat lebih efisien dalam si


si permodalan.