Dr. M. Abusama, MM. Ketua KwarDa & Wakil Ketua DPRD MalUt : Raimuna Nasional XII Ini Untuk Memperkokoh, Jalin Silaturahim, serta Persatuan dan Kesatuan Pramuka di Seluruh Indonesia -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Dr. M. Abusama, MM. Ketua KwarDa & Wakil Ketua DPRD MalUt : Raimuna Nasional XII Ini Untuk Memperkokoh, Jalin Silaturahim, serta Persatuan dan Kesatuan Pramuka di Seluruh Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023

 Merdekaanews.Com, Jakarta -  Sukses digelar upacara HUT ke-62 Pramuka di Buperta Cibubur, Jakarta, Senin (14/8/2023). Peringatan Hari Pramuka 2023 yang diikuti 25.000 anggota pramuka dari seluruh Indonesia tersebut bertema Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional ditandai dengan Hadirnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) yang menyematkan tanda penghargaan kepada perwakilan peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023.


Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meninjau langsung kegiatan Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.


Berseragam Pramuka lengkap, Presiden tiba di lokasi kegiatan sekitar pukul 07.26 WIB. Kedatangan Jokowi disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso. Setelah itu, Presiden yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka, meninjau lapangan utama Raimuna Nasional tersebut.


Ditemui awak media, Dr. M. Abusama, MM. selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Utara/ Wakil Ketua DPRD Malut mengatakan,

"Pertama-tama kita dari resimen daerah Maluku Utara yang terdiri dari 10 Kwartir Cabang (KwaCab) dan kita mengikuti perkemahan di bumi Cibubur ini dalam rangka Raimuna Nasional 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 296 peserta dengan jumlah Bina damping itu ada sekitar 22 Dapil dari seluruh cabang dengan keseluruhan cabangnya masing-masing 2 Kwarter Cabang (KwaCab)," kata Ketua KwarDa yang juga Anggota DPRD Malut.


Lebih lanjut, Bp. Dr. M. Abusama MM., melanjutkan,

"Nah kita berada di bumi perkemahan Cibubur ini dalam rangka kita melihat suasana yang ada di bumi perkemahan dengan pelaksanaan Raimuna Nasional 2023 yang dilaksanakan hari ini," lanjutnya.


Ketua KwarDa dan Anggota DPRD Malut ini mengemukakan,

"Nah Giat Raimuna Nasional sekaligus upacara HUT ke-62 tahun 2023 ini sangat meriah karena memang dihadiri oleh peserta dalam jumlah yang sangat besar tidak seperti yang sebelumnya saat covid pesertanya masih dibatasi sehingga memang kelihatannya seperti kurang ada pesertanya tetapi tahun ini karena sudah dibebaskan seperti tadi kita bisa lihat saat Ikrar pembukaan peserta baik dari peserta yang ada di lapangan pramuka maupun undangan jadi dari pimpinan-pimpinan Kontingen dan ada dari pengurus baik Kwartir Cabang maupun Kwartir Daerah, Majelis Pembina Nasional (Bp. Presiden Joko Widodo), bahkan dengan majelis Pembina daerah sehingga suasana tadi sangat meriah," ungkapnya.


Puncaknya, Dr. M. Abusama MM., menuturkan harapan kedepannya,

"Harapan kami ya mudah-mudahan dengan ceremony ini bisa tetap menjalin dan mempererat hubungan silaturahim, persatuan dan kesatuan dengan kami pramuka di seluruh Indonesia dengan pembinaan kita, Semoga kita semua Sejahtera. Saya Dr. M. Abusama, MM. selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Utara atau Wakil Ketua DPRD Malut," tutupnya mengakhiri sesi wawancara dengan awak media.


Adapun Raimuna Nasional merupakan kegiatan pesta pertemuan bagi anggota Pramuka golongan Penegak dan Pandega usia 16-25 tahun dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun sekali dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan antarsuku dan budaya, meningkatkan jiwa nasionalisme, memperkenalkan keberagaman Indonesia, serta memperkuat rasa memiliki sesama anggota Pramuka.

 

Sebagai informasi tambahan, Raimuna Nasional XII Tahun 2023 mengusung tema "Bangun Generasi Kita" atau disingkat "BANGKIT". Kegiatan yang diikuti sekitar 17.000 peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Senin, 14 Agustus 2023 dan akan berlangsung selama delapan hari hingga 21 Agustus 2023.


Pada Raimuna Nasional XII tersebut, para peserta juga dapat mengikuti sejumlah program seperti Kampus Bangkit, Magang Bangkit, Kuliner Nusantara, Beranda Nusantara, hingga jumpa tokoh-tokoh inspiratif.