Dilantik Jadi Rektor Unpatti, Ini Pesan Menteri Nadiem ke Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy , M.Pd. -->

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Anda Disini !!!.....,

red2

Dilantik Jadi Rektor Unpatti, Ini Pesan Menteri Nadiem ke Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy , M.Pd.

Kamis, 30 November 2023

 MERDEKAANEWS Dilantik Jadi Rektor Unpatti, Ini Pesan Menteri Nadiem ke Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy , M.Pd.

AMBON - Setelah memenangi kontestasi pemilihan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) beberapa waktu lalu, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, MPd akhirnya dilantik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Pelantikan Leiwakabessy sebagai orang nomor satu di kampus bertajuk Hotumese itu periode 2023-2027 dilakukan di Graha Utama Gedung A Kemendikbudristek Jakarta Pusat, Rabu (29/11).

Momen tersebut terjadi berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 65456/M/06/2023 tentang pengangkatan Rektor Universitas Pattimura periode tahun 2023-2027.

Mantan Wakil Rektor I Unpatti itu dilantik bersama dua pejabat lainnya yaitu pustakawan ahli utama pada Perpustakaan Nasional RI dan Pamong Budaya Ahli Utama pada Kemendikbudristek.

Menteri Nadiem Makarim mengatakan, dalam empat tahun terakhir, sistem pendidikan dan ekosistem kebudayaan Indonesia mengalami transformasi yang sangat besar mulai dari jenjang persekolahan sampai pada jenjang perguruan tinggi karena Gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Budaya.

Di jenjang perguruan tinggi, sebut Nadiem, diberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk belajar dan berjejaring diluar kampus. Saat ini sudah hampir satu juta mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mengikuti berbagai program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)

“Survei yang dilakukan menunjukkan bahwa para mahasiswa yang mengikuti program MBKM ini memiliki waktu tunggu kerja yang lebih singkat,” jelasnya.

Selain itu pihaknya kata Nadiem, mendorong kemajuan kebudayaan untuk mengakselerasi penguatan dan perkembangan sistem seni budaya Indonesia, salah satunya melalui dana abadi kebudayaan yang telah mendukung ratusan seniman pelaku budaya dan komunitas-komunitas seni di Indonesia.

“Berangkat dari capaian tersebut kita membutuhkan lebih banyak penggerak merdeka belajar untuk meneruskan fungsi yang sudah kita lakukan,” urai mantan CEO Gojek itu.

Oleh karena itu, Menteri Nadiem berharap Prof. Dr. F


redy Leiwakabessy, MPd yang dilantik sebagai Rektor Universitas Pattimura periode 2023-2027 agar dapat terus mendorong implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

“Berikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Pattimura untuk terus berkarya dan berinovasi,” pinta Nadiem sebagaimana dikutip Mimbar Rakyat dari laman Humas Unpatti itu.

Sementara, Prof. Fredy Leiwakabessy saat dihubungi menyatakan, kepercayaan yang diberikan untuk memimpin Unpatti empat tahun kedepan adalah sebuah tanggungjawab dan anugerah yang harus diwujudkan dalam karya-karya nyata kedepan.

Apalagi, tantangan perkembangan IPTEK, perubahan iklim dan kebijakan pemerintah harus pula diikuti, diimplementasi untuk mengembangkan Unpatti kedepan menjadi Universitas Unggul menuju World Class University atau Universitas kelas dunia.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri, butuh peran serta semua civitas akademika Unpatti, mahasiswa dan alumni terutama arahan dan bimbingan pa Menteri. Hal baik yang sudah dilakukan Rektor sebelumnya, kita lanjutkan. Yang belum, kita benahi bersama. Menguatkan koordinasi, sinergi dan kolaborasi mengembangkan Unpatti menjadi World class University jadi tujuan utama kita kedepan,” pungkas guru besar FKIP Unpatti itu. (*red).